Kapal Sindo Jaya Pengangkut Pasir Timah Parkir Terlalu Lama Di Pelabuhan Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat, Lingga Resahkan Warga (Fhoto : Istimewa)

 

LINGGA, Gerbanglingga.com – Terparkirnya Kapal Sindo Jaya dengan berat 700 ton di Pelabuhan Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga membuat resah sejumlah warga yang sering lalu lalang mengunakan fasilitas pelabuhan, meski sudah jadi buah bibir dari mulut ke mulut namun keberadaan Kapal yang di duga akan membawa pasir timah tersebut belum juga bertolak dari pelabuhan.

”Entah apalagi yang di tunggu, kok belum berangkat juga padahal kemaren pasir timah sempat di masukkan ke dalam kapal,”ujar Udin warga Sungai Buluh Rabu (5/4/2017).

Kepala Syahbandar Dabo Singkep, Maskur saat di konfirmasi beberapa waktu lalu menuturkan bahwa dirinya hanya bertanggungjawab terhadap surat izin pelayaran sedangkan isi muatan bukan wewenang dirinya.

”Kapal itu sudah mengurus surat izin pelayan, tapi kenapa belum belayar itu kita belum mengetahui.”ujar pria yang mengaku lima bulan lagi akan masuk masa pensiunnya.

Hal senada juga di sampaikan Perwakilan dari Bea Cukai Dabo Singkep, Andi Musadar pria ini menegaskan Bea Cukai tidak ada wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap pasir timah dari Sungai Buluh apalagi mau di bawa ke Tanjung Balai Karimun.

”Kita mengetahui bahwa pasir timah itu akan di bawa ke Tanjung Balai berdasarkan dokumen yang di tembuskan ke Bea Cukai Dabo Singkep.”terang Andi.

Aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga seketika berhenti total, PT Cipta Persada Mulia (CPM) unit peleburan timah yang berencana membawa 380 ton pasir timah ke PT Karimun Mining di hentikan oleh Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Dabo Singkep Kapten Inf E Marpauang.

”Kita persilahkan mereka bekerja dan bukan melarang, kita hanya minta supaya perusahaan tersebut menunjukan izin-izin yang di miliki perusahaan saat ini, karena dokumen yang di tunjukkan perusahaan belum lengakap, makanya kita minta untuk melengkapi dulu.”ujarnya

Sementara itu Akui (60) perwakilan dari Perusahaan timah PT Citra Persada Mulia (CPM) mempertanyakan alasan oknum TNI AD dari Komando Rayon Militer (Koramil) 04 yang menghalangi pihak perusahaan melakukan aktivitas pengiriman pasir timah hasil penambangan di Pulau Pekajang untuk dilebur di perusahaan peleburan PT Karimun Mining di Tanjungbalai Karimun.

“Kami tidak tahu apa alasan oknum bapak-bapak itu tidak memperbolehkan kami membawa timah ke Karimun untuk dilebur. Padahal izin pelayaran dan pertambangan kami sudah lengkap. Bahkan semua izin itu sudah kami jelaskan dan kami tunjukkan kepada mereka.” kata Akui.(tia)

 

 

http://gerbanglingga.com/wp-content/uploads/2017/04/IMG-20170405-WA0000.jpghttp://gerbanglingga.com/wp-content/uploads/2017/04/IMG-20170405-WA0000-150x150.jpgadminHEADLINEKEPRILinggaPATROLI  Kapal Sindo Jaya Pengangkut Pasir Timah Parkir Terlalu Lama Di Pelabuhan Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat, Lingga Resahkan Warga (Fhoto : Istimewa)   LINGGA, Gerbanglingga.com - Terparkirnya Kapal Sindo Jaya dengan berat 700 ton di Pelabuhan Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga membuat resah sejumlah warga yang sering lalu lalang...Akurat dan Terkini